Selasa, 03 April 2012

Sejarah Bunga Islam

Pada awal berdirinya, nama perguruan ini adalah "Asmaul Haq". Perguruan ini didirikan oleh K. H. Ahmad Rifa'i Banten. Ilmu yang beliau bawa ini berasal dari Nabiyullah Khidzir as.
Awal mulanya yaitu ketika K. H. Ahmad Rifa'i pulang dari menunaikan Ibadah Haji di Makkah Mukarromah dengan naik perahu, bliau didatangi Nabi Khidzir as. dan beliau diajari ilmu "Asmaul Haq"! Pesan dari Nabiyullah Khidzir as. pada beliau ialah supaya mensyiarkan ajaran agama islam dengan kemampuan yang telah diajarkan kepada beliau!
Akhirnya setelah beliau mendarat, beliaupun melaksanakan apa yang telah didapat dari perjalanannya tersebut yaitu disuruh untuk mensyiarkan ajaran agama islam dengan "Asmaul Haq"!

PECAHNYA PERGURUAN ASMAUL HAQ

Sepeninggal K. H. Ahmad Rifa'i (tidak ada yang menetahui pastinya kapan beliau meninggal dunia), para pewaris Perguruan Asmaul Haq terpecah belah dan murid-murid beliau mendirikan beberapa perguruan antara lain:

- Bunga Islam
- Asmaul haq
- Bintang Surya
- Syiar Islam
- dan masih banyak lagi yang lainnya. 

1. Bunga Islam

Perkumpulan Ikatan Pencak Silat BUNGA ISLAM ( B.I ) Perkumpulan ini telah ada dan berdiri sejak tahun 1986 M. Didirikan oleh K. H. Moh. Jamhari Ghozali Anwar (alm) bertempat di Dusun Baleboto, Madiun. Perkumpulan ini adalah sarana dakwah bagi Almarhum, karena setiap siswa baru yang masuk, selalu dibai'at untuk selalu melaksanakan Syariat Islam (terutama melaksanakan shalat lima waktu), menjauhi segala bentuk kamaksiatan (MOLIMO), tidak melanggar aturan Negara, selalu berbuat dengan akhlakul karimah, serta dituntut untuk selalu ingat kepada Allah SWT. 

2. Asmaul Haq

Menurut bahasa Asmaul Haq terdiri dari dua kata asma'dan al-Haq.Asma adalah kata jama'dari ismun yang berarti nama,sedangkan al-Haq adalah benar/kebenaran,Jadi Asmaul Haq adalah nama-nama kebenaran,atau seluruh asma- asma Allah terkumpul dalam lafadz Allah yang maha benar.

Menurut istilah pengertian "Asmaul Haq"adalah suatu amalan dengan membaca lafadz "Allah",menurut aturan-aturan dan syarat-syarat tertentu menuju Allah. 

3. Bintang Surya

PPS Bintang Surya adalah salah satu Pencak Silat yang murni dari leluhur bangsa Indonesia. PPS Bintang Surya bersumberkan pada kepiawaian Syarif Hidayatullh ( Sunan Gunung Jati ) dari cirebon; yang merupakan salah satu wali songo yang mahsyur.

Salah satu keturunan ke-3 (generasi ke-4) dari Sunan tersebut yakni Haji Abdullah Umar telah mengajarkan dan menurunkan segala ilmunya dari Sunan Gunung Jati kepada cucunya Raden Pandji.

Oleh Raden Pandji, ilmu dari kakeknya teersebut dikembangkan didaerah timur (Surabaya) tahun 1969 dan membentuk Kerukunan Pencak Silat Bintang Surya yang anggota-anggotanya terbatas bagi anggota TNI AL dan Marinir yang berasal dari Jawa Barat.

Melihat perkembangan jumlah anggota, Kerukunan Pencak Silat Bintang Surya oleh Raden Pandji didaftarkan ke Dewan Kebudayaan Kodya Surabaya. Pada tanggal 14 Desember 1973, keluarlah surat ijin dari kantor Dewan Kebudayaan Kodya Surabaya tentang diakuinya keberadaan Kerukunan Pencak Silat Bintang Surya.

Semenjak tanggal tersebut berdirilah secara resmi suatu Perguruan Pencak Silat dengan nama Perguruan Ilmu Seni Bela Diri Pencak Silat BINTANG SURYA disingkat menjadi PPS Bintang Surya.

Pada tahun 1978, PPS Bintang Surya didaftarkan ke IPSI Kodya Surabaya dengan nomor induk 04/IPSI-KMS/1978. 

4. Syiar Islam

Perguruan Ilmu Seni Bela Keselamatan Syiar Islam merupakan perguruan yang bernafaskan Syariat Ajaran Agama Islam. Bagi semua pengikut perguruan ini, syarat wajib yang harus dimiliki yaitu mereka wajib beragama Islam!karena sesuai dengan namanya yaitu SYIAR ISLAM dan semua ajarannya juga tentang syariat agama islam. Awal berdirinya Perguruan Syiar Islam ini bernama Perguruan Ilmu Seni Bela Diri Pencak Silat Syiar Islam, karena para Guru Besar Syiar Islam berpendapat bahwa ilmu yang diajarkan bukan hanya untuk membela diri sendiri, melainkan juga dapat digunakan untuk menolong orang lain yang membutuhkan dan juga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. maka pada tanggal 12 Desember 2009, nama Perguruan Ilmu Seni Bela Diri Pencak Silat Syiar Islam dirubah menjadi Perguruan Ilmu Seni Bela Keselamatan Syiar Islam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar